Sunday, January 8, 2023

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang - Laptop adalah komputer dalam bentuk yang kecil yang bisa anda bawa kemanapun anda mau, laptop biasanya berukuran relatif kecil dan ringan saat dibawa karena itulah laptop sering menjadi alat kerja yang simple. Laptop yang lancar ketika digunakan untuk bekerja maupun bermain game membuat kita nyaman untuk memakainya di kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, kenyamanan bisa saja terganggu pada saat laptop yang kita gunakan tiba-tiba saja menjadi hang atau mati. Ketika hal itu terjadi, anda bisa menerapkan beberapa cara yang akan kita bahas mengenai cara mengatasi Laptop hang berikut. Karena untuk saat ini laptop sudah menjadi bahan pokok untuk seorang pelajar, guru maupun pengusaha sekalipun. Seiring perkembangan jaman dan teknologi software, banyak dari pengguna laptop yang menginstall aplikasi tanpa mengecek terlebih dahulu asal usul atau prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya hang pa da laptop, karena kelebihan beban akibat tidak melihat batas beban yang dibutuhkan untuk menggunakan software tersebut.

Tekanan dari atasan yang meminta hasil pekerjaan untuk cepat diselesaikan, terkadang datang bersamaan laptop yang bermasalah. Tentu saja hal ini membuat sangat stres dan menuntut kita semua baik wanita atau pria, agar tahu cara mengatasi laptop lemot tersebut. Mengatasi laptop lemot bagaikan sebuah ilmu dasar yang wajib diketahui bagi pekerja yang menghabiskan waktu pekerjaannya bersama alat canggih tersebut. Apalagi, pandemi COVID -19 membuat kita lebih sering bekerja di rumah atau WFH, sehingga mengatasi laptop lemot harus bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun ternyata, mengatasi laptop lemot bukanlah perkara sulit lho, Moms. Ada banyak cara mengatasi laptop lemot yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah diikuti. Kalian juga perlu tahu bahwa laptop lemot kemungkinan karena menjalankan terlalu banyak program. Hal ini memakan banyak daya pemrosesan dan mem engaruhi kinerja dan kecepatan laptop tersebut. Akan tetapi tidak perlu khawatir, banyak juga tips mengatasi laptop lemot agar hal tersebut tidak terulang lagi dan menganggu aktivitas pekerjaan kalian.

Cara mengatasi laptop lemot bisa kamu lakukan dengan beberapa cara mudah asalkan kamu tahu penyebab utama yang membuat kinerja laptopmu menurun. Gak cuma PC, laptop pun juga nggak lepas dari berbagai permasalahan. Salah satunya adalah laptop lemot setelah sekian lama digunakan. Bahkan beberapa di antara kamu mungkin juga pernah mengalami laptop baru lemot padahal kamu baru membelinya beberapa waktu lalu, geng. Nah, kali ini Jaka akan mengulas penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Sebelum mulai mengatasi laptop yang lemot, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa akar permasalahan yang membuat laptop lemot. Terdapat beberapa faktor penyebab laptop lemot saat internetan atau bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas se kalipun. Terlalu banyak startup programs alias software yang berjalan di background secara otomatis saat kamu menyalakan laptop. Semakin banyak software, maka makin lambat laptop saat booting. Usia harddisk sudah terlalu tua. Semakin tua tipe HDD tentu juga akan memengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

Supaya lebih detail, berikut beberapa penyebab laptop hang yang perlu kalian ketahui. RAM adalah penyimpanan data sementara yang berfungsi untuk menyimpan data setiap aplikasi ketika dibuka. Maka itu, ketika kamu membuka terlalu banyak aplikasi pada laptop yang RAM-nya cukup kecil, sehingga jangan heran apabila laptop akan sering mengalami hang. Sebagai contoh, bila kapasitas RAM Anda hanya 4 GB, maka jangan memaksakan untuk menjalankan banyak aplikasi, terlebih secara bersamaan. Aplikasi atau program yang terlalu banyak di laptop dapat menyita alokasi RAM yang dimiliki. Sebab, terkadang beberapa program yang jarang kamu buka dapat menghabiskan penyimpanan pada RAM, sehin gga aplikasi tersebut menyebabkan laptop menjadi hang. Untuk mengatasi kondisi tersebut, banyaknya aplikasi dapat dihapus dengan menggunakan antivirus yang digunakan, seperti Avast, Avira, ESET, dan sejenisnya. Hardisk tipe penyimpanan kuno yang masih menggunakan piringan baja untuk menjalankan program. Apabila hardisk mengalami lecet atau terkena benturan yang keras dapat mengganggu kinerja laptop untuk membaca program atau menjalankan program akan berkurang sehingga terasa sangat lambat. Virus yang menjangkit laptop bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bisa menghilangkan file-file yang ada di laptop. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa melakukan scanning virus secara rutin dan hindari colok flashdisk atau mendownload file-file dari sumber yang tidak kredibel. Cara mengatasi laptop hang bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menghapus BIOS Cache, End Task Window, hingga Cek Starting Windows. Kondisi ini sendiri bisa disebabkan karena banyaknya masalah p ada laptop, seperti memori pada RAM, banyaknya aplikasi yang ada di dalam laptop, hingga hardisk yang mengalami masalah. Nah, itulah cara mengatasi laptop hang yang lengkap supaya perangkat tersebut bisa bekerja dengan lebih optimal. Semoga artikel yang Dewaweb rangkum ini bisa lebih bermanfaat untuk kamu, ya. Gemar menghabiskan waktu untuk menulis dan mengulik dunia perteknologian. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya!

No comments:

Post a Comment