Sunday, January 8, 2023

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot paling Mudah

Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara agar laptop tidak ngelag dan performanya dapat kembali lagi. Namun perlu diingat, cara-cara berikut ini tidak selalu 100 persen berhasil. Walau begitu, setidaknya dapat mengurangi kendala yang dihadapi terkait performa laptop yang menjadi lemot. Berikut cara mengatasi laptop lemot yang mudah dan cepat. Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstal aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk. Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan uninstal beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan. Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Anda bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan downl oad konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install. Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi yang sering menganggur.

Tunggu sejenak sampai muncul notifikasi, kemudian ketik kata kunci 'Prefetch' dan ketuk 'Enter' pada keyboard. 'D'. Dengan demikian, maka berkas tersebut akan sirna dari dalam folder Prefetch. Setelah menghapus berkas di folder sebelumnya, maka Anda bisa langsung menghapus berkas yang ada pada folder 'Temp'. Lanjutkan dengan mengetik kode '%temp%' pada kolom yang tersedia dan ketuk 'Ok'. Cek hardisk C tentu akan menjadi tidak full seperti sebelumnya. Ukuran RAM yang kecil tentu bisa menyebabkan laptop lemot. Terlebih ketika Anda sering membuka aplikasi yang cukup banyak dalam satu waktu. Tentunya RAM akan kekurangan kapasitasnya dan dapat mempengaruhi performa laptop Anda. Jika sudah begini, bagaimana solusinya? Biasanya pabrikan laptop akan memberikan kapasitas RAM yang berkisar antara 2 sampai 4GB. Padahal, tahukah Anda bahwa untuk menjalankan sejumlah software, sebuah laptop memerlukan kapasitas RAM sampai 8GB? Beberapa laptop saat ini sudah menyediakan slot khusus dual-channel. Nantinya dual-channel ini dapat digunakan untuk menambah besaran kapasitas RAM laptop Anda. Pastikan laptop Anda bisa untuk upgrade RAM.

Masifnya penggunaan laptop dalam sehari-hari tentu tak terlepas dari beberapa error yang terjadi. Salah satunya laptop hang. Hang pada laptop diartikan dengan sistem laptop yang tidak merespon atau macet dalam menanggapi perintah. Laptop hang bisa jadi mengarah pada salah satu sistem yang mengalami kerusakan. Namun sebelum terburu-buru menuju service center, cobalah untuk mengatasinya sendiri. Berikut cara mengatasi laptop hang yang bisa dicoba terlebih dahulu. Terkadang laptop bisa tiba-tiba berhenti ketika sedang menjalankan program yang cukup berat, sehingga meningkatkan kinerja CPU dan beberapa komponen di da lamnya. Akan tetapi, banyak orang mengira bahwa kemacetan yang saat itu terjadi pada laptop berlangsung secara permanen. Oleh karena itu, pengguna perlu menunggu beberapa menit untuk memastikan bahwa laptop akan pulih dalam beberapa menit. Selama Anda menunggu dalam kurun waktu tersebut, laptop akan menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan. Waktu tunggu ini bisa jadi sangat efektif bagi laptop Anda, karena dengan tidak menambahkannya tugas, laptop bisa menyelesaikan beberapa program yang sedang berjalan. Apabila cara pertama tidak berhasil, pengguna bisa mengakhiri beberapa program melalui task manager. Berikut langkah-langkah untuk mengakhiri program-program yang sedang berjalan. Dengan mengakhiri tugas pada salah satu program yang sedang berjalan, laptop Anda tidak terlalu terbebani dan kemacetan dapat berakhir dalam beberapa menit. Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan paksa dan menghidupkannya kembali. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa dil akukan. Akan tetapi coba dulu beberapa cara sebelumnya sebelum melakukan cara ini.

Dengan suhu laptop yang telalu panas, tentu membuat kemungkinan laptop menjadi lemot menjadi makin besar. Selain itu, Anda juga bisa memakai vacuum cooler untuk menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat membantu menjaga suhu laptop pada saat bekerja. Salah satu penyebab laptop lemot adalah karena laptop masih menggunakan hardisk HDD yang memiliki kecepatan data relatif lambat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD. Cara membuat laptop tidak lemot ini dijamin ampuh, karena akan membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih rensponsif. Memang, harus diakui kalau harga SSD cukup mahal, tapi jika Anda ingin laptop menjadi tidak lemot, cara ini sangat bisa dipertimbangkan. Ada banyak cara mengatasi laptop lemot. Salah satunya, si pemakai tidak optimal dalam menggunakan laptopnya. Salah satu so lusinya adalah Anda bisa menginstall software khusus yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat. Ada banyak aplikasi dengan fungsi ini, sebut saja CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced System Optimizer, dan lainnya. Tinggal pilih mana yang menurut Anda sesuai. Cara yang satu ini mungkin jarang diketahui oleh beberapa pengguna laptop dan PC. Apalagi ketika mengalami masalah laptop lemot dan lelet. Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki dalam pc dan laptop Anda, semakin lemot pc dan laptop Anda dalam bekerja. Anda bisa memanfaatkan tool Disk Defragment yang terdapat pada control panel. Melalui tahapan analyze dan juga optimize file Anda akan tertata sedemikian rupa, dan Anda bisa mengetahui berapa banyak file junk atau file sampah yang membuat lemot laptop dan PC kesayangan Anda. Layaknya manusia, jika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Lakukan juga uninstall untuk semua program dan jug a aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meningkatkan kinerjanya. Cara membuat laptop tidak lemot ini termasuk salah satu yang paling mudah dan pada umumnya berhasil. Semoga artikel ini bisa membantu, ya.

No comments:

Post a Comment